Buah Untit

Namanya memang sedikit unik. Untit, buah hutan yang tumbuh liar di hutan Kalimantan ini memang lagi musim di kota keciku Ampah. Setelah menghabiskan hari-hari baru di Ampah selama lima tahun, Senin 25 Januari 2010 kemarin adalah hari pertamaku menikmati sensasi buah untit. Itu pun karena dua temanku nekad kabur ke pasar cuma mau beli buah ini. Memang sedikit bandel sih kedua temenku itu, berani nylonong keluar sekolah. yah itu juga karena kami seharian penuh jam kosong. Tapi berkat mereka berdualah aku bisa merasakan buah untit ini dan bisa sedikit berbagi cerita dengan kalian semua. Memang tak banyak yang aku ketahui dari buah ini. Apakah ini asli buah khas Kalimantan atau bahkan banyak daerah lain yang juga memilikinya. Nama untit pun benar-benar tak ilmiah, masyarakat sekitarku aja yang memberinya gelar begitu. hmm, mungkin ada yang tahu apa nama Indonesia dari buah mini sedikit asam manis ini? atau bahkan nama ilmiahnya? sedikit ku gambarkan ya apa yang kurasain saat ku pertama kali mencicipinya. Rasanya ada asam dan manisnya. Seperti buah rambutan deh, rambutan ‘lumuan’ (bahasa gaul di Ampah) atau rambutan yang gak mengelupas, tapi ini jauh lebih kecil ukurannya. Tidak terlalu istimewa, tapi aku bangga pernah mencobanya…

harga tiga ikatnya Rp 5.000,00 aja loh dan dijamin puas nikmatinnya…

35 responses to “Buah Untit

  1. nama yg lucu dan imut buatnya… bagi donk..🙂

  2. Kayaknya enak tuh….. Pasti isinya warna putih,,,, kulitnya merah,,, ukuranya kecil,,,, di jual bakindit dan rasanya asam2 manis.😀

  3. Aku seumur umur baru tahu yang namanya buah ini, kok gk bagi2 ya. . .

  4. buahnya didapatkan dari mana??hutan2 atau di tanam oleh masyarakat sekitar

  5. Jangan lupa sarapan sebelum memakannya. Jangan sampe perut dalam keadaan kosong karena bisa kena magh.

  6. penasaran , semoga pas ke kalimantan bisa bertemu buah ini -_____-

  7. Just walking in the rain. Lagu Jim Rives sungguh nikmat didengarkan di malam minggu. Nohara semoga sehat selalu ya? Buah untit kok mirip buah melinjo atau kalau di kampungku Solo mirip buah buni yang tumbuh di pinggir kali.

  8. Wah rasanya gimana tuwh buah Untit nya….saya bleum pernah menemuinya…

  9. Bentuknya mirip buah karangmunting ya ?

    Mas Ben
    http://bentoelisan.blog.com

  10. salah satu yang unik lagi dari buah ini,kebanyakan orang-orang(di ampah khususnya) kalau memakan buah ini bijinya pun ikut di telan🙂

  11. salah satu yang unik lagi dari buah ini,kebanyakan orang-orang(di ampah khususnya) kalau memakan buah ini bijinya pun ikut di telan.🙂

  12. untit pa untit?????

  13. unik ya namanya.. rasa buahnya mirip2 buah apa dek? penasaran, aku kan blm pernah ke kalimantan😉

  14. Buah untit, namanya kok g seseger rasanya (jadi pengen)…🙂

  15. kayak biji melinjo…😀

  16. kpn ya beta bisa ke kalimantan… *ngimpi dulu kali ya sebelum nanti suatu saat dpt penempatan disana..*

  17. hm..jd penasaran pingin nyobain..
    apa itu buah khas di daerah tertentu ato di seluruh kalimantan ada..??

  18. ih kaga enak tuh …..

  19. baru denger buah untit, tapi bentuknya mirip buah lechie ya… hehehehehe

  20. ngaranku hi gansar, gaha muneng hang lawi nunuk. jadi akuna alah nunuk…kairu nih paham ang neh…pada kakan wua untit…!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s