Nonton Bareng Laskar Pelangi….

Ini dia bioskop kami,,,,Rabu, 8 April 2009 disaat setiap kelurahan sibuk2nya nyiapin pemilu di negeri ini, kami pun sebagai anak bangsa yang memang belum dapat hak pilih lagi sibuk juga tuh nyiapin acara Layar Tancap di Laboratorium di sekolah kami, SMAN 1 DUsun Tengah. Wajarlah kalo banyak orang nganggap ini hal yang aneh. Tapi ya begitulah keadan kami.. kota kecil kami tak punya bioskop. Yah jangankan bioskop sih, tempat nongkrong anak-anak muda pun bisa dibilang ga ada. Tapi, karena keterbatasan itu lah kami belajar arti perjuangan.
Perjuangan gimana nyiapin sound system yang minjam sana sini, ngemis proyektor ke SMPN 1 Dusun Tengah yang sudah berstandar nasional n yang pastinya lebih mapan dari sekolah kami yang tingkatannya lebih tinggi. Bagi q pribadi, itu bukan lah sebuah gengsi, dan ini adalah sebuah pengalaman yang jarang dialami oleh pelajar seusia kami di sekolah lain.
Kaset Laskar Pelangi asli yang ibu q pesan dari mantan muridnya di Banjarmasin dari film itu baru dirilis di bioskop, yang udah berbulan-bulan berlalu baru aja datang dua minggu sebelum kami memutar perdana film tersebut di sekolah pada tanggal 8 April 2009 kemarin..
sayangnya, usaha kami yang begitu berat menanti dilirisnya DVD asli Laskar Pelangi yang pingin diputer di sekolah tak terlalu berbuah manis… perjuangan itu berawal pada tanggal 2 April 2009. Kami seharian izin kepada kepala sekolah, guru-guru, untuk menjual karcis kepada teman-teman dan ke sekolah lain. Sebagian ada yang bersihin ruangan, minjam spanduk buat nutupin jendela di kiri kanan biar gelap tuh kaya di bioskop beneran, minjen sound, nyalur listrik n sebagainya. Tapiiii, perjuangan yang penuh harapan besar itu berakhir dengan cemoohan dari temen2. Ya begitulah keadaannya, listrik tak berpihak. Rencana pemutaran yang sudah disiapkan secara matang pada pukul 14.00 WIB, membuat kami menerima tantangan yang lebih besar lagi. Begini kawan, Ampah yang kaya akan batu bara ini setiap dua hari sekali mengalami pemadaman selama 8 jam. Tapi sebenarnya diluar jadwal pedaman itu, listrik pun bisa padam tanpa kenal waktu dan entah karena apa.
Semangat kami tak berhenti disitu saja. Dua buah genset sudah di siap disewa agar nonton bareng itu tak gagal. Ternyata ya,,,, apalah daya!!! semua itu juga gagal.
cemoohan dari temen-temen yang minta uangnya dikembaliin, cemoohan bahwa kami tak pecus hilir mudik saja di telingan kami… Sabar! sabar! dan memaknai arti perjuangan membuat kami lebih tenang. Maka dari itu kawan, hari Rabu kemarin rencana kedua pun disiapkan. Disiapkan dengan matang dan mencoba untuk kedua kalinya usaha kami tersebut. Oh ya, kami disini adalah sekelompok anggota WMS, ato pengurus mading lah singkatnya yang selalu aktif dan kreatif, sepertinya begitu.
Walopun rencana kedua berhasil, sebelumnya tetep ada masalah. Masalah yang sama, yaitu pemadaman listrik. Amarah kami yang meledak-ledak karena sehari sebelumnya PLN sudah berjanji tak memadamkan lampu, tepat di pukul 13.50 WIB lampu pun dipadamkan pula. Aq tak tahu lah ada apa dengan PLN itu yang semangat banget madamin lampu. Cerita panjang ya…. langkah yang paling jitu menurut kami pun dijalani. Tak ada cara lain selain menelpon PLN supaya segera menyalakan kembali lampu. Alhamdulillah….!!! Akhirnya tepat pukul 14.00 WIB, PLN yang ternyata juga takut sama kami yang hanya seorang pelajar yang tak pecus menyalakan lampu pula. He,,,,, akhirnya yang ditunggu-tunggu tiba. Menit demi menit penungguan dimulai. “Kok gak dateng2 penontonnya?”, itu yang hanya ada dipikiran. Selidik demi selidik, selama satu mingu kemarin kami gagal, KASET LASKAR PELANGI BAJAKAN udah muncul di pasaran. Tak tahu kenapa, aq sendiri juga bingung. Kalo soal bajak membajak kok cepet banget sih di Ampah ini….
Tapi tak apalah, penonton yang cuma sedikit sudah membuat hati kami lebih sumringah dari pada sebelumnya… Tetep seru, lucu n terharu saat acara nonton bareng itu berjalan….. LASKAR PELANGI MEMANG LUAR BIASA. MEREKA LAH INSPIRASI KAMI. INSPIRASI YANG MEMBUAT KAMI TAK MENYERAH… BAHWA LASKAR PELANGI BEGITU LUAR BIASA…LUAR BISA! SEMANGAT YANG MENGALIR DALAM DARAH KAMI,, PERJUANGAN KAMI KARENA KAMI BEGITU MENGAGUMIMU, “LASKAR PELANGI”

dsc01498

2 responses to “Nonton Bareng Laskar Pelangi….

  1. aku suka banget film ini. sampe 3 kali bolak balik ke bioskopšŸ˜€

    banyak pelajaran yang bisa dipetik

  2. duh..salau banget ama perjuangannya..
    semangat LASKAR PELANGI memang lahir dalam jiwa kalian..
    udah bca buku yang lainnya ngak??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s