Air Terjun Riam Kendong


Kalimantan Tengah merupakan kawasan yang masih alami, markas berbagai tumbuhan langka dan binatang liar, serta aneka keindahan alam yang masih tersembunyi. Salah satunya terletak di wilayah Kabupaten Barito Timur. Air terjun Riam Kendong, begitulah masyarakat setempat menamainya. Air Terjun yang masih asli dan belum tersentuh moderenitas ini tepatnya terletak di Desa Malintut, Kecamatan Raren Batuah, Barito Timur. Sungguh pemandangan yang menakjubkan, ketika melihat sejuknya pemandangan yang sangat asri disetiap langkah perjalanan menuju kesana. Dua jam perjalanan dengan menggunakan sepeda motor perlu kita tempuh untuk bisa menuju kesana apabila kita memulai perjalanan dari kota Tamiang Layang atau ibu kota kabupaten Barito Timur. Lain halnya apabila kita berada di kota Ampah, kita hanya perlu menempuh perjalanan sekitar satu jam.

Sayangnya, pemerintah daerah kurang melirik potensi wisata ini. Hal ini dibuktikan dengan masih sulitnya jalan untuk menuju kesana, apalagi kalau musim penghujan. Jalanan menjadi becek dan susah untuk dilewati karena licin dan bentuk jalan yang cukup menanjak .Selain itu, masih belum ada sarana prasarana yang memadai agar wisatawan tertarik untuk menuju kesana. Kurangnya promosi dan sosialiasai kepada masyarakat juga membuat masyarakat setempat maupun di kota-kota sekitar belum mengetahui akan keberadaan wisata air terjun ini.

Sebuah keindahan alam yang patut kita berdayakan ini kelak akan menjadi potensi wisata yang sangat menguntungkan apabila dikelola dengan tepat. Terbukti dengan semangat dan keinginan masyarakat untuk lebih mengetahui dan mengunjungi tempat ini, setelah ada beberapa orang sebelumnya yang telah pergi kesana. Kita akan merasakan ketenangan alam yang murni dengan nuansa Kalimantan yang kental.

Nah, tertarik untuk lebih mengetahuinya. Mari kita mencoba bersama-sama berkunjung kesana. Cintai negrimu, cintai daerahmu.


9 responses to “Air Terjun Riam Kendong

  1. masuk lewat mana ya kalau kita mau ke air terjun tsb……..?

  2. di buntok juga nda kalah seru tempat wisatanya banyak banget seperti danau sangu,danau sadar,windu & banyak lg yg laennya..hai boleh nda kita kenalan…bls ya

    aku jg sering ke sanggu…

  3. Wah jauh sekali dari Bandung, seumur-umur baru sekali menginjakkan kaki di tanah Kalimantan. Boleh dong upload foto-fotonya biar bisa ikutan menikmati wisata alam nun jauh di sana .. hehe ..

    Salam, Bandung di Bandung.

  4. Waduh, tetep aja jauh dari tempat saya….. heheheheheh

    mana post barunya nih, ditunggu loh….

    tunggu aza ya? soalnya aq masih sibuk latihan paskibra buat di kecamatan aq.. mampir donx ke Kalimantan…

  5. kalo yang di desa Bahalang tau gk neng???
    kalo gak salah di daerah sana ada air terjun juga…..

    bahalang t mana ya? Oya… punya blog ga? btw, org bartim jg ya?

  6. tempat’y emang menarik banget aku pernah kesena malah sering.
    yang membuat jadi menarik disana kita dapat melihat alam yang asli tanpa ada disentuh manusia

    yupz! bener bgt!!! aq dah pernah kesana tp pas musim hjn jd jln”y becek n sulit bgt. tp aq ttp bisa sampe sana.. Adem bgt rasanya!

  7. mungkin kamu belum tau ya bila air terjun tersebut udah mau dibuat tempat wisata tapi kayak’y ada kendala, soalnya yang dibuat hanya jalan aja sampai pinggir jurang air terjun tersebut…..

  8. SANGGU KEREN OUY

  9. Gimana y kbar batakan n pagatan apa masih panas air na, air terjun dibartim itu dimana y kq aq gk pernah dengar???????????????????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s