KALAMPESU PEMBEKU KARET ALAMI

PhotoFunia-16fffAlam Indonesia menyimpan banyak sekali kekayaan serta potensi-potensi yang belum tergali atau belum mendapatkan perhatian oleh petani karet. Tanaman Karet merupakan salah satu potensi yang dapat kita kembangkan, karena kita tahu Karet berperan  penting antara lain sebagai, sumber pendapatan masyarakat, bahan baku industri dalam negeri, sumber devisa dan pelestarian fungsi lingkungan hidup.

Perlu diketahui, Indonesia memiliki areal karet terluas didunia (3,3 juta ha) yang disusul oleh Thailand (2,1 juta ha) dan Malaysia (1,3 juta ha), namun produksi Indonesia (2,3 juta ton) kedua setelah Thailand (2,8 juta ton).

Rendahnya mutu produktivitas tersebut antara lain disebabkan oleh rusaknya tanaman karet, sedikitnya penggunaan bibit unggul yang baru mencapai 40% berbeda dengan Thailand yang sudah mencapai 95% klon unggul.

Rusaknya tanaman karet bisa disebabkan kondisi pohon yang sudah tua, dan proses menyadap dengan cara yang salah. Penggunaan bahan kimia yang digunakan sebagai pembeku getah karet (lateks) juga tidak kalah pentingnya. Selama ini para penyadap biasanya membekukan getah karet dengan bahan-bahan kimia seperti Tawas, Urea, dan Cuka. Padahal jika kita menggunakan bahan-bahan kimia tersebut secara terus-menerus, maka akan membuat produktivitas karet tersebut akan menurun, jika tidak memperhatikan petunjuk baku. Penggunaan bahan-bahan kimia tersebut sebenarnya sangat berbahaya bagi tubuh kita.

Berdasarkan permasalahan itu, kami melakukan beberapa penelitian dan berwawancara dengan para penyadap tentang cara untuk mengatasi pembeku lateks dari bahan kimia akhirnya kami menemukan pembeku dari bahan alami yang berasal dari tumbuhan yang hidup disekitar hutan. Beberapa tumbuhan yang telah kami uji sebagai bahan pembeku antara lain Nenas, Kalampesu, Jeruk hutan, dan buah Pengo. Beberapa tanaman tersebut banyak terdapat di pedalaman hutan Kalimantan.

Kalampesu mempunyai nama ilmiah Baccaurea lanceolata (Miq.) Mull.Arg., in DC. Prodr. 15, 2 (1866). Adapun sinonimnya adalah Adenocrepis lanceolatus (Miq.) Mull.Arg., Baccaurea glabriflora Pax & K.Hoffm., Baccaurea pyrrhodasya (Miq.) Mull.Arg., Hedycarpus lanceolatus miq., Pierardia pyrrhodasya Miq.

Di wilayah Kalimantan buah ini memiliki beberapa nama, antara lain Ampusu, Asam pauh, Buah lepasu, Buah lipau, Empawang, Kalampesu, Lampaung, Lapahung, Laptu, Lipasu, Tamasu, Tampoi.

Kalampesu/kalempesu, buah ini cocok dijadikan sebagai pembeku getah karet alternatif, karena :

  1. Banyak terdapat di hutan Sumatera, hutan Kalimantan, khususnya Barito Timur,
  2. Budidaya dapat dilakukan dari penyemaian buahnya,
  3. Pemeliharaannya tidak rumit,
  4. Buahnya cukup banyak dan tidak mengenal musim.
  5. Pembuatan menjadi larutan pembekunya sederhana.
  6. Getah karet yang dibekukan dengan buah ini  baunya tidak terlalu mengganggu indera penciuman.

Cara membuat ekstrak kalampesu cukup sederhana, yaitu buah yang sudah tua diparut lalu diperas. Satu buah kalampesu ukuran sedang dan tua bisa menghasilkan ekstrak sebanyak 30 ml.

Selain mudah kita dapatkan, bahan-bahan alami juga tidak mempunyai efek samping bagi pohon-pohon karet serta aman untuk kesehatan. Dengan penggunaan bahan-bahan yang alami kita dapat mencegah terjadinya kerusakan lingkungan hidup. Kita juga dapat menanamkan rasa cinta terhadap alam kita ini yang menyediakan banyak potensi yang bermanfaat bagi orang banyak.

TABEL WAKTU PEMBEKUAN 500 ml GETAH KARET

Volume(ml)

ZAT PEMBEKU

CUKA (10%)

K. PESU

K. PESU *)

10

0,5

2

1,5

20

-

1,5

1

30

-

1

0,5

*) kalampesu yg difermentasikan dengan cara didiamkan selama 24 jam dalam wadah tertutup

Peneliti adalah pelajar SMA Negeri  1 Dusun Tengah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah. dibawah bimbingan Pak Budi Santosa

Tulisan ini  saya persiapkan untuk membuat brosur guna mengikuti gelar teknologi tepat guna nasional ke-11 di riau pertengahan juni 2009 nanti. jangan diketawain ya…. masih belajar

gambar buah kalimapasu saya ambil dari sini, kameraku lagi dipinjem

About these ads

9 responses to “KALAMPESU PEMBEKU KARET ALAMI

  1. seneng nya skrng dah mulai berkembang ampah,,,
    cahyo….
    fb: uzgomez_nuff@yahoo.com

  2. Ya harus gitu dong anaké pak budy, gak boleh kalah sama temennya yg dijawa.. Tetep sehat tetep semangat.. chayo

  3. Keep on writing dear. The best solution to express your idea, spirit, and philosophy. Practice makes better. Salute….

  4. nohan,pengunjung kamu banyak banget……,tahu gak blogku gak ada yang mengunjungi,aku masih baru dalam hal blog,tolong doang kasih saran dan kritik. ini fbku sangperantau@ymail.com

  5. berapa lama tu kira2 karet bisa membeku?

  6. kirim bahan sample kepada saya untuk urusniaga no 19,jalan taman sentua 01000 kangar perlis malaysia

    • pembeku getah yang ada pada saya berlainan dari yang ada di pasaran ,ia bukan cuka mahu pun garam ,ia tidak memudarat kan pokok ,binatang ,maknusia,ia sudah di pasarkan dengan jenama abaritrading .setiap 1liter pembeku abari boleh di campur 7 liter air biasa ,jika puan berminat saya akan hantar sample .sila kirim alamat lengkap ke abaritrading@ymail.com

  7. saya ada menemukan pembeku karet yang mesra pohon dan maknusia ada kah kamu mahu memasar kan nya untuk di komersil kan

  8. Salam kenal,Boleh tau bahan pembuat cuka apa ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s